Gempa Berkekuatan 5,9 Skala Richter Guncang Laut Banda Maluku

jumat, 02 Maret 2018 16:20


(ist)

CSR.id - Gempabumi tektonik berkekuatan 5,9 Skala Richter (SK) mengguncang Laut Banda, Provinsi Maluku Jumat (2/3) pagi. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa ini tidak berpotensi tsunami.


Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi menjelaskan, gempa ini terjadi pada pukul 09.12 WIB hari ini. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi dengan koordinat episenter pada 6,23 LS dan 130,33 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 357 kilometer (km) arah timur laut Kota Tepa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Propinsi Maluku pada kedalaman 153 km.


Berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di daerah Saumlaki dalam skala intensitas II SIG-BMKG ( III MMI), di Dobo I-II SIG-BMKG (II-III MMI). "Guncangan gempabumi ini belum menimbulkan kerusakan," ujar Moch. Riyadi, Jumat (2/3).


Jika ditinjau dari kedalamannya, maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat subduksi Laut Banda. Hal Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan mekanisme sumber naik mendatar (thrust oblique fault).


Hingga pukul 10.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Riyadi mengimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


(ayb/int)


Berita Terkait
Asyik, Turis Indonesia Kini Bebas Visa 30 Hari ke India
Indonesia dan Brasil Sepakat Bebas Visa
Gambar Destinasi Wisata Indonesia Hiasi Kereta Bawah Tanah Venezuela
Don't Miss It! TMII Bagi-bagi Tiket Masuk Gratis
Mulai januari 2019, Jepang Bakal Berlakukan Pajak Sayonara

Please login for commentKomentar
fajar
semoga saja sih gak menimbulkan tsunami yah
Jaebum
Lumayan terasa gempa yang terjadi di laut banda kali ini karena termasuk besar
ata
harus waspada takutnya ada gempa susulan dna bencana lagi
xx
Indonesia sekarang ini banyak terjadi gempa, harus lebih waspada, makin hari makin banyak ynag terjadi
emma
untungnya gempa tsb tdk sampai merusak, padahal lumayan besar schala richter nya
Renny
maluku lagi terjadi gempa, mungkin orang sana sudah punya antisipasinya kali ya kalo terjadi gempa sewaktu2. karena akan sering terjadi dan berulang -r-

Event

+ index