China Sukses Uji Coba Kereta Maglev Berkecepatan 1.000 Km per Jam

Senin, 05 Maret 2018 9:52


(ist)

CSR.id - Kereta api berteknologi levitasi magnetik (maglev) yang melaju dengan kecepatan 1.000 kilometer per jam berhasil diuji coba di Cina. Namun para pakar di negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu mengingatkan beberapa persoalan teknis masih membutuhkan penanganan serius sebelum kereta berjuluk super maglev itu dioperasikan.


Purwarupa kereta di lintasan 45 meter sedang dikembangkan Deng Zigang dan timnya di laboratorium Southwest Jiaotong University, Chengdu, Provinsi Sichuan, sebagaimana tayangan CCTV, saluran televisi resmi Cina, Senin (5/3). Kereta tersebut menggabungkan dua teknologi, yakni teknologi maglev yang berarti mengurangi gesekan roda dengan rel dan evakuasi tabung gerbong untuk mengurangi gesekan dengan udara, demikian tesis Deng dan timnya yang dipublikasikan di laman Institute of Electrical and Electronics Engineers, asosiasi para profesional berkantor pusat di Amerika Serikat.


Deng dan timnya mengurangi tekanan udara serendah mungkin hingga 2,6 centibar atau 2,9 kilopaskal unit tekanan dalam eksperimen pada garis tengah 6 meter saat uji laju berkecepatan 50 kilometer per jam. Perlu diketahui tekanan atmosfir bumi standarnya 101,32 kilopaskal.


Penemuan tersebut kedengarannya sangat dahsyat. Namun masih banyak persoalan teknis yang dihadapi, seperti faktor keselamatan dan biaya sebagaimana dikemukakan Sun Zhang, seorang profesor dan pakar perkeretaapian dari Shanghai Tongji University.


"Kereta api itu harus bisa berhenti kapan saja diperlukan. Hal itu bisa dilakukan di ruang terbuka dengan memanfaatkan resistensi udara. Namun akan menjadi persoalan karena tabung hampa (di teknologi tersebut) tidak ada resistensi udaranya," katanya sebagaimana dikutip Global Times.


"Bagaimana jika tabung aus dan udara masuk ke sistem teknologi itu? Bukankah ini akan menjadi persoalan lain?" ujar Sun mengingatkan.


Dalam teknologi perkeretaapian, Cina berupaya keras bisa menyaingi Jepang. Pada 2015, Jepang telah berhasil menjalankan kereta maglev dengan kecepatan maksimum 603 kilometer per jam, seperti laporan The Guardian.


(ayb/int)


Berita Terkait
Asyik, Turis Indonesia Kini Bebas Visa 30 Hari ke India

Please login for commentKomentar
fajar
wah hebat banget yah berarti kalau 1000km/jam berarti jakarta surabaya paling hanya 40 menitan yah
Jaebum
Hebat china semakin canggih saja alat transportasi mereka sudah termasuk yang terdepan dalam hal teknologi
ata
cina emnag sebenernya cucok, mau bikin apa aja bisa asala keretanya gak kw ya
xx
Sungguh luar biasa tehnologi jaman sekarnag, suda bisa menciptakan kereta super cepat, kalau naik ini ke bandung hanya berapa menit saja itu
Renny
cepet banget ya, kalo disini pakai kereta cepet udah serem duluan pintu kereta apinya tidak ada palang pintunya -r-
emma
boleh nih kereta model gini buat di Jakarta, biar ga kejebak macet lama haha

Event

+ index