Awas, Berkendara Sambil Merokok Bisa Didenda Rp750 Ribu

Kamis, 01 Maret 2018 16:52


(ist)

CSR.id - Sasaran prioritas Operasi Keselamatan Jaya lebih menekankan pada pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Merokok jadi salah satu sasaran operasi karena dinilai dapat mengurangi konsentrasi saat berkendara.


"Sasaran operasi kan melawan arus, berboncengan lebih dari dua orang (di motor), tidak cukup umur, menggunakan HP, termasuk merokok dan mendengarkan musik juga," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Kamis (1/3/2018).


Budiyanto mengatakan merokok dan mendengarkan musik (pakai headset) sambil berkendara berpotensi mengurangi konsentrasi dalam berkendara. Kurangnya konsentrasi pengemudi dalam berkendara ini menjadi salah satu faktor kecelakaan yang sering dijumpai polisi.


"Hilang konsentrasi saat berkendara itu tidak hanya dalam kondisi mabuk, tetapi juga merokok dan mendengarkan musik pakai headset juga bisa mengurangi konsentrasi berkendara," tuturnya.


Di samping itu, merokok tidak baik untuk kesehatan, baik perokok pasif maupun aktif. Pengendara lain di jalan mungkin tidak nyaman ketika terkena asap rokok di jalan.


Budiyanto mengatakan merokok menjadi salah satu pelanggaran dalam berlalu lintas sesuai dengan Pasal 106 ayat (1) UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelanggaran atas pasal tersebut bisa dipidana 3 bulan penjara atau denda maksimal Rp 750 ribu. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Don't Miss It! TMII Bagi-bagi Tiket Masuk Gratis
Mulai januari 2019, Jepang Bakal Berlakukan Pajak Sayonara
Asyik, Kini Mengurus Visa Korea Selatan Semakin Mudah
Filipina Tutup Sementara Destinasi Wisata Boracay, Ada Apa Ya?
Menpar Arief Yahya Puji Perhelatan Garuda Indonesia Travel Fair 2018

Please login for commentKomentar
Jaebum
Setuju nih buat yang mengendarai sambil merokok memang harus didenda berat
xx
Bagus juga peratusan yang ini, asal di jalankan dengan baik dan benar serta tegas, jangan hanya mengelurkan peraturan dan akhirnya tidak di jalankan
emma
wah dendanya lbh mahal dr menggunakan telp ketika berkendara nih, hahaha, kurang2in deh ngerokok mulai dr skrng
Renny
hati hai para perokok udah ada denda nih merokok dijalan, bisa kena 750 ribu. mending duitnya buat gw dari pada kasih polisi -r-

Event

Hijab Celebration Day 201811 Februari 2018 - 28 Februari 2018
Bazaar Multiproduk Wisma Bakrie 127 Februari 2018 - 27 Februari 2018
+ index