3 Warga Australia Tewas Usai Keracunan Melon

Sabtu, 03 Maret 2018 13:02


(ist)

CSR.id - Tiga orang warga Australia tewas dan 15 lainnya dilarikan ke rumah sakit akibat wabah listeria yang disebabkan oleh melon yang terkontiminasi. Otoritas kesehatan Australia menduga bahwa akan lebih banyak korban yang jatuh dalam insiden nasional ini.


Wabah ini terkait dengan melon, yang juga disebut cantaloupes, yang berasal dari seorang petani di negara bagian timur New South Wales. Produsen melon itu, yang namanya tidak sebutkan, dikabakan telah menghentikan operasinya dan sedang melakukan penyelidikan.


Otoritas kesehatan New South Wales menuturkan,  15 orang yang saat ini dilarikan ke rumah sakit sudah berusia lanjut dan tersebar secara nasional dari Victoria ke Tasmania.


"Kami dapat memastikan bahwa 13 dari 15 korban mengaku mengkonsumsi buah melon sebelum penyakit mereka timbul," kata Dr. Vicky Sheppeard, Direktur Penyakit Menular di Departemen Kesehatan New South Wales, seperti dilansir Reuters pada Sabut (3/3).


Otoritas kesehatan telah meyakinkan masyarakat bahwa semua melon yang terkontaminasi telah ditarik dari semua supermarket dan pasar di Australia.


Keracunan melon ini memiliki gejala seperti flu dan bisa menyebabkan mual, diare, infeksi aliran darah dan otak. Bakteri Listeria tidak menyebabkan penyakit pada kebanyakan orang, namun bisa mengakibatkan penyakit dan kematian bagi mereka yang memiliki kekebalan lebih lemah seperti orang tua, bayi baru lahir dan wanita hamil.


Bakteri bisa ditemukan di tanah, air dan tumbuh-tumbuhan dan dapat mencemari makanan di mana dari mulai panen, pengepakan, sampai ke penyajian.


(ayb/int)


Berita Terkait
Asyik, Turis Indonesia Kini Bebas Visa 30 Hari ke India
Indonesia dan Brasil Sepakat Bebas Visa
Gambar Destinasi Wisata Indonesia Hiasi Kereta Bawah Tanah Venezuela
Don't Miss It! TMII Bagi-bagi Tiket Masuk Gratis
Mulai januari 2019, Jepang Bakal Berlakukan Pajak Sayonara

Please login for commentKomentar
fajar
kok makian melon saja sampai bisa kearcunan apa gak dicoba dulu yah
Jaebum
Seram benar hanya gara gara makan melon 3 orang tewas di Australia
ata
bukan berarti import itu bagus ya ga semua ada jaminannya
xx
Bahaya ini melon, harus segera di umumkan kepada masyarakat luas mengenai buah ini, jangan sampai ada korban lagi
emma
kita import ga ya melon tsb, krn hrs diwaspadai jgn sampai jg membahayakan
Renny
melon apa yang dimakan udah disuntikin racun kali melonnya jadi pada keracunan atau masa aada melon busuk expired. -r-

Event

+ index