Jelang Imlek, Pengamanan Tempat Ibadah Diperketat

Rabu, 14 Februari 2018 13:28


(ist)

CSR.id - Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan akan ada peningkatan pengamanan menjelang perayaan tahun baru Imlek. Terutama setelah belakangan ini terjadi sejumlah aksi penyerangan dan teror terhadap tokoh agama dan tempat ibadah.


"Pengamanan ini untuk mengantisipasi aksi-aksi serangan di tempat ibadah terjadi saat Imlek," kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Selasa, 13 Februari 2018.


Aksi penyerangan terjadi sejak akhir Januari lalu terhadap tokoh agama dan tempat ibadah. Misalnya penyerangan terhadap pemimpin Pondok Pesantren Al Hidayah, Umar Basri, di Cicalengka Bandung dan Komandan Brigade Persatuan Islam di Bandung, Prawoto yang dianiaya oleh orang yang diduga depresi.


Di Tangerang pun sempat terjadi persekusi terhadap biksu Mulyanto Nur Halim beserta pengikutnya. Peristiwa terakhir terjadi pada Ahad lalu, yaitu penyerangan di Gereja St Lidwina Sleman, Yogyakarta yang melukai empat orang.


Setyo mengatakan aksi tersebut masih dalam penelusuran kepolisian. "Apakah ada keterkaitan antara satu penyerangan dengan yang lain," ujarnya.


Menurut Setyo, pengamanan Imlek akan difokuskan di klenteng-klenteng serta tempat perayaan tahun baru Imlek. "Di Jakarta tempat-tempat perayaan tahun baru Imlek dan klenteng-klenteng," kata dia.


Menurut dia, pengamanan tahun baru Imlek ini bukan hanya di daerah Jawa saja yang belakangan marak kejadian penyerangan, tapi juga di seluruh Indonesia. Setyo meminta masyarakat tetap tenang dan tidak gaduh dengan maraknya aksi penyerangan di tempat ibadah.


(ayb/int)


Berita Terkait
Indonesia dan Brasil Sepakat Bebas Visa
Gambar Destinasi Wisata Indonesia Hiasi Kereta Bawah Tanah Venezuela
Don't Miss It! TMII Bagi-bagi Tiket Masuk Gratis
Mulai januari 2019, Jepang Bakal Berlakukan Pajak Sayonara
Asyik, Kini Mengurus Visa Korea Selatan Semakin Mudah

Please login for commentKomentar
Jaebum
Semoga saja acara imlek tahun ini tidak terjadi hal hal yang dikhawatirkan
emma
iya bener banget, hampir semua vihara dijaga ketat oleh pihak kepolisian, mungkin untuk menghindari hal2 yang tdk diinginkan

Event

+ index