Gempa Bumi Berkekuatan 6,0 Skala Richter Guncang Mexico City

Selasa, 20 Februari 2018 10:53


(ist)

CSR.id - Gempa susulan dengan kekuatan 6,0 pada Skala Richter membangunkan warga Mexico City. Kejadian ini membuat warga kota yang sedang tidur bangun dan membuat mereka berlarian ke luar rumah pada Senin dini hari (19/2/2018).


Gempa susulan tersebut adalah yang paling kuat dari sebanyak 2.140 gempa susulan dengan bermacam kekuatan yang telah mengguncang Meksiko Selatan-Tengah sejak gempa dengan kekuatan 7,2 pada Skala Richter pada Jumat (16/2/2018).


Gempa susulan dengan kekuatan 6,0 pada Skala Richter, yang mengguncang cuma beberapa menit sebelah pukul 01.00 waktu setempat, membuat sistem peringatan dini di seluruh Mexico City, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa. Gempa susulan itu juga membuat warga di lantai dasar keluar dari rumah mereka dan berlarian ke jalan.


Seperti gempa utama pada Jumat, pusat gempa susulan berada di lepas pantai Negara Bagian Oaxaca di Meksiko Selatan, tapi gelombang seismik dirasakan di sebanyak delapan negara bagian, meskipun tak ada laporan mengenai korban tewas atau kerusakan.


Wilayah Meksiko Selatan-Tengah, termasuk di Ibu Kotanya, Mexico City, masih belum pulih akibat dua gempa kuat yang mengguncang dengan selang waktu sekitar dua pekan pada September, sehingga membuat banyak gedung runtuh dan menewaskan lebih dari 300 orang.


Meksiko berada di atas lima lempeng tektonik yang berbeda, Lempeng Pasifik, Rivera, Cocos, Amerika Utara dan Karibia, sehingga membuatnya jadi sangat rentan terhadap gempa. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Asyik, Turis Indonesia Kini Bebas Visa 30 Hari ke India
Indonesia dan Brasil Sepakat Bebas Visa
Gambar Destinasi Wisata Indonesia Hiasi Kereta Bawah Tanah Venezuela
Don't Miss It! TMII Bagi-bagi Tiket Masuk Gratis
Mulai januari 2019, Jepang Bakal Berlakukan Pajak Sayonara

Please login for commentKomentar
Jaebum
Kekuatan gempa yang dahsyat cukup untuk merusak banyak bangunan di Mexico City
emma
warga mexico pasti msh trauma krn beberapa waktu lalu jg terjadi gempa yg mengakibatkan banyak kerusakan
ata
smoga gak ada gempa susulan

Event

+ index