Banjir Terjang Rel, Perjalanan Kereta Api Jalur Utara dan Selatan Lumpuh Total

jumat, 23 Februari 2018 15:10


(ist)

CSR.id - Banjir yang merendam jalur kereta api (KA) di wilayah Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon semakin parah, Jumat (23/2) siang. Akibatnya, semua perjalanan KA baik di jalur utara maupun selatan menjadi terhenti.


Krisbiyantoro menjelaskan, jalur KA selatan (Cirebon - Ciledug - Prupuk Purwokerto) saat ini tidak bisa dilewati. Begitu pula jalur utara (Cirebon - Tegal Semarang), juga lumpuh.


Krisbiyantoro mengatakan, di jalur utara antara Stasiun Tanjung - Losari ketinggian air mencapai 13 sentimeter, baik hulu maupun hilir. Karenanya, pada pukul 11.30 WIB dinyatakan Semboyan 3 atau tidak bisa dilewati.


Pada pukul 12.30 WIB, jalur utara semakin terendam air dengan kedalaman mencapai 40 sentimeter diatas kop rel petak jalan Tanjung - Losari jalur hulu dan hilir KM 185+5 -186+6, terang Krisbiyantoro.


Krisbiyantoro menjelaskan, di jalur selatan, jalur yang terendam sepanjang 1.100 meter dan landasanjalur yang hanyut terbawa derasnya air (gogosan/jalur menggantung) sepanjang700 meter. Sedangkan panjang jalur utara yang terendam air hingga kini masihdalam pengukuran.

 

Krisbiyantoro mengatakan, jalur KA itu terendam banjir yang berasal dari luapan sungai Cisanggarung. Semula, banjir hanya merendam jalur antara Stasiun Ketanggungan-Ciledug sehingga KA masih bisa dialihkan memutar lewat Tegal - Slawi Prupuk.


Namun, banjir juga ternyata kemudian merambah ke jalur lintas utara antara StasiunTanjung Losari. Akibatnya, empat KA yang sudah diatur jalan memutar tetap terhalangjuga di lintas utara.


Adapun empat KA yang sempat memutar namun akhirnya tetap terhalang perjalanannya adalah KA (10U) Argo Dwipangga tertahan di Losari, KA (122U) Sawunggalih tertahan di Babakan, KA (121U) Sawunggalih tertahan di Tegal dan KA (117U) Fajar Yogya tertahan di Slawi.


(ayb/int)


Berita Terkait
Asyik, Turis Indonesia Kini Bebas Visa 30 Hari ke India

Please login for commentKomentar
fajar
semoga saja segera surut yah biar kereta bisa jalan lagi
Jaebum
Sebaiknya PT KAI memikirkan jalur alternatif lain kalau terjadi banjir lagi di masa depan
ata
masih aja ada banjir deh
Renny
rel keratanya terendam banjir jadi ga bisa lewat terus ada mobil yang ke arah sana -r-
emma
ternyata di daerah intensitas hujan msh tinggi, terbukti di cirebon, genangan banjir menutupi jalur rel kereta api, yg akhirnya menyebabkan kelumpuhan total

Event

+ index