Kerugian dari Bencana Dampak Siklon Cempaka di DIY Capai Rp 200 Miliar

Kamis, 07 Desember 2017 16:29


(ist)

CSR.id - Sekda DIY Gatot Saptadi mengatakan dari laporan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) DIY jumlah kerugian dan kerusakan akibat badan siklon tropis Cempaka di wilayah DIY mencapai Rp 200 miliar lebih.


"Sudah saya perintahkan segera dipilah-pilah mana yang menjadi penanganan darurat dan recovery . Kerusakan yang terparah ada  di Bantul dan Gunungkidul yang mengalami banyak kerugian dan kerusakan,’’kata Gatot pada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (7/12).


Kerusakan fisik yang terjadi seperti jembatan, talud, jalan dan rumah. Rumah penduduk yang tidak bisa dihuni karena daerah rawan longsor akan direlokasi. Namun, kerusakan yang sifatnya harus membangun kembal imemerlukan skim sendiri . "Kalau skim kedaruratan bantuannya ya darurat. Tapi ini belum digodok. Kebetulan sekarang (Kamis, 7/12) Kepala BNPB datang dan tanggal 9 Desember Presiden RI juga akan hadir. Nanti kita lihat dukungan apa dari Pusat,’’ ujarnya.


Selanjutnya untuk persawahan yang rusak, bagi tanaman padi yang puso melalui Kementerian Pertanian ada pergantian bagi tanaman pagi yangmendekati panen. Kalau yang sawahnya baru panen , menanamnya ditunggu sampai kering. Sementara bagi infrastruktur irigasi yang rusak maka tugas pemerintah untuk memperbaiki. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Jelang Akhir Tahun, Pegawai PT KAI Dilarang Cuti
BNPB: Dua Orang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Jawa
BMKG: Gempa Jabar Karena Tumbukan Lempeng Indo Australia-Eurasia
BMKG: Jabodetabek diperkirakan hujan siang hari ini
Jokowi Masih Rahasiakan Lokasi Bandara Sukabumi

Please login for commentKomentar
emma
dalam setiap bencana sdh pasti akan menderitakerugian besar, tp itu semua bs tergantikan..krn yg terpenting adl keselamatan warga di DIY
runi
parah bener ya berarti dampak kerusakan dari bencana si cempaka ini, sampai 200 milyar kerugiannya, bukan angka yang kecil itu

Event

Kicks Con30 November 2017 - 03 Desember 2017
Year End Sale27 November 2017 - 03 Desember 2017
Global Career and Education Fair25 November 2017 - 25 November 2017
Pelatihan Automasi Mesin Industri25 November 2017 - 25 November 2017
+ index