Dunia Kecam Keputusan AS Akui Yerusalem Jadi Ibu Kota Israel

Kamis, 07 Desember 2017 10:19


(ist)

CSR.id - Negara-negara Uni Eropa dan Arab mengecam pengakuan AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Selain dari negara Muslim, protes juga datang dari sebagian besar negara di dunia.


Dilansir di Reuters, Rabu (7/12), Uni Eropa dan PBB menyuarakan peringatan keras. Mereka menilai keputusan AS untuk memindahkan Kedutaan Besarnya ke Yerusalem sebagai penghalang kesepakatan damai Israel-Palestina.


Langkah ini hanya akan jadi batu penghalang besar selanjutnya yang mengancam. Sekutu AS di UE, Prancis menolak keputusan unilateral tersebut dan menyerukan perdamaian.


Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan status Yerusalem telah menjadi perhatian besar masyarakat dunia. "Status Yerusalem menjadi jaminan keamanan internasional sehingga seluruh komunitas internasional sangat memperhatikannya," kata dia.


Inggris dan Jerman pun protes dan menilai Yerusalem harus menjadi bagian dari Palestina juga. Status Yerusalem harus ditentukan berdasarkan solusi dua negara.


Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres mengatakan tidak ada alternatif lain untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina selain solusi dua negara. Status final Yerusalem pun hanya bisa ditentukan melalui kesepakatan langsung.


"Saya secara konsisten menolak segala keputusan unilateral yang memperburuk proses perdamaian Israel-Palestina,"kata Guterres. Ia juga berjanji akan melakukan apa pun untuk mendukung kepemimpinan kedua pihak kembali pada negosiasi.


(ayb/int)


Berita Terkait
Asyik, Turis Indonesia Kini Bebas Visa 30 Hari ke India
Indonesia dan Brasil Sepakat Bebas Visa
Gambar Destinasi Wisata Indonesia Hiasi Kereta Bawah Tanah Venezuela
Don't Miss It! TMII Bagi-bagi Tiket Masuk Gratis
Mulai januari 2019, Jepang Bakal Berlakukan Pajak Sayonara

Please login for commentKomentar
Jaebum
Tindakan Amerika kali ini benar benar sudah keterlaluan mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel secara sepihak
mama
Semua pasti akan mengecam , jangan sampai deh AS di musuhi negara lain , bisa enggak tenang dan jatuh nantinya , sombong itu akan membawa malapetaka
emma
masalah ibukota aja jd kecaman dunia, ampun deh kl udah ngeributin negara yg sdg konflik, apa aja jd bermasalah
runi
gak heran ane mah, secara sedari duluuu AS itu kaki tangannya israel bahkan mungkin dibawah kaki nya israel alias budaknya, selalu terdepan membela israel

Event

+ index