Presiden Jokowi dan PM Laos Sepakat Bantu Selesaikan Rohingya

Kamis, 12 Oktober 2017 13:31


(ist)

CSR.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan Perdana Menteri (PM) Laos Thongloun Sisoulith dan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral. Jokowi menyatakan keduanya sepakat membantu penyelesaian masalah Rohingya di Myanmar.


Pertemuan digelar di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/10/2017) pagi. Para menteri Indonesia hadir dalam acara ini.


"Saya senang dapat menerima Yang Mulia di sini. Tahun 2017, kita peringati 60 tahun hubungan bilateral Indonesia-Laos," kata Jokowi di hadapan Sisoulith.


Jokowi mengapresiasi berbagai kegiatan yang diselenggarakan Laos dan Indonesia. Dia merasa, selama kurun 60 tahun hubungan bilateral ini, Indonesia dan Laos terus menjunjung prinsip saling percaya dan saling menghormati.


Jokowi menjelaskan isu ASEAN juga menjadi perhatian bersama Indonesia dan Laos. Konflik di Rakhine State, Myanmar, yakni terkait permasalahan etnis Rohingya, bakal dicarikan solusi.


"Dalam pertemuan tadi kita telah membahas isu ASEAN dan kawasan, dan kita telah sepakat membantu penyelesaian permasalahan di Rakhine State, Myanmar. Saya yakin pertemuan ini akan makin mempererat hubungan kedua negara," kata Jokowi.


Ada sejumlah menteri dan pimpinan lembaga negara RI dalam pertemuan bilateral ini, seperti Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi; Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita; Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto; Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M Nasir; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy; serta Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Budi Waseso. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Asyik, Turis Indonesia Kini Bebas Visa 30 Hari ke India
Indonesia dan Brasil Sepakat Bebas Visa
Gambar Destinasi Wisata Indonesia Hiasi Kereta Bawah Tanah Venezuela
Don't Miss It! TMII Bagi-bagi Tiket Masuk Gratis
Mulai januari 2019, Jepang Bakal Berlakukan Pajak Sayonara

Please login for commentKomentar
Nonaka
Masih butuh kesepakatan dari miyanmar juga, kalau miyanmar nggak sepakat untuk nerima rohingnya ya sama aja bohong
princess
wah gitu yah , mantap juga nih, beneran diselesaikan bareng deh, ktm pm myanmar langsung
mama
Banyak sekali yang dibicarakan tentu memerlukan penyelesaian yang baik dan hal ini tidak hanya menjadi wacana saja
Achmad
Kerjasama yang apik untuk meningkatkan perdamaian, harus seperti ini lah
emma
sebaiknya sgr di realisasikan, jangan hanya kesepakatan2 aja..kasihan warga etnis Rohingya, jgn sampai kejadian tersebut terus berlangsung..krn sdh banyak yg menjadi korban

Event

+ index