Gempa 4,5 Skala Richter Guncang Sukabumi

Kamis, 12 Oktober 2017 10:10


(ist)

CSR.id - Peristiwa gempa bumi kembali mengguncang wilayah Sukabumi dan sekitarnya pada Rabu (11/10) malam. Dampaknya sebagian warga terkejut karena getaran gempa cukup kuat terasa.


Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa bumi dengan kekuatan 4,5 skala richter ini terjadi pada Rabu malam sekitar pukul 23.30 WIB. Lokasi gempa berada pada titik 7.4 LS 106.63 BT dengan kedalaman 50 kilometer. Pusat gempa berada di darat 62 kilometer barat daya Kota Sukabumi.


Gempa bumi juga dirasakan di wilayah Sukabumi lainnya seperti Palabuhanratu, Parungkuda, dan Cikembar. "Getarannya cukup kuat karena sejumlah barang di rumah bergoyang," ujar salah seorang warga Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Kurnia (32 tahun).


Selepas gempa, Kurnia mengaku sempat ke luar rumah karena khawatir terjadi gempa susulan. Beruntung, lanjut dia, gempa ini berlangsung sebentar dan tidak menimbulkan kerusakan pada rumah.


Hal senada dirasakan warga lainnya di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi Handi (30). "Gempa cukup keras terasa tapi hanya sebentar," ungkap dia.


Kejadian gempa ini menambah laporan peristiwa gempa yang terjadi di sepanjang 2017 ini. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, peristiwa gempa dari Januari hingga Agustus 2017 lalu yang berpusat di Sukabumi mencapai 15 kali kejadian. Sebelumnya, pada 2016 lalu kejadian gempa bumi sepanjang tahun hanya tiga kali. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Asyik, Turis Indonesia Kini Bebas Visa 30 Hari ke India
Indonesia dan Brasil Sepakat Bebas Visa
Gambar Destinasi Wisata Indonesia Hiasi Kereta Bawah Tanah Venezuela
Don't Miss It! TMII Bagi-bagi Tiket Masuk Gratis
Mulai januari 2019, Jepang Bakal Berlakukan Pajak Sayonara

Please login for commentKomentar
Nonaka
Ternyata ada 3 wilayah yang merasakan getaran gempa tersebut yang membuat barang-barang bergoyang
mama
Sepertinya Sukabumi memang langganan gempa ya , walau tidak besar tapi tentu kita harus waspada , apalagi gempa terkadang berpotensi tsunami
Achmad
Gempa yang lumayan besar sekali, sepertinya perlu waspada akan gempa susulan
emma
untungnta getarannya kecil dan dirasakan sebentar sehingga tidak menimbulkan kerusakan berat maupun adanya korban jiwa

Event

+ index