Banjir dan Longsor Melanda Vietnam, 37 Orang Tewas

Kamis, 12 Oktober 2017 15:37


(ist)

CSR.id - Sedikitnya 37 orang tewas dan 40 lainnya hilang saat banjir dan tanah longsor melanda Vietnam utara dan tengah. Otoritas Manajemen Bencana Vietnam mengatakan, bencana tersebut melukai 21 orang dan menghancurkan lebih dari 1.000 rumah, menenggelamkan 16.740 rumah dan merusak infrastruktur dan tanaman di enam provinsi Vietnam tengah dan utara,


Di Provinsi Hoa Binh yang terkena dampak paling parah, 11 orang tewas dan 21 lainnya hilang. "Tidak mungkin untuk melawan air ini, ini adalah yang terkuat selama bertahun-tahun," ujar Ngo Thi Su, seorang penduduk di Hoa Binh, seperti dikutip oleh Televisi Vietnam yang dikelola negara, VTV.


Petugas bencana Quach Viet Hoang mengatakan, korban tewas termasuk empat keluarga yang rumahnya terkubur tanah longsor Kamis pagi saat mereka tertidur yang menewaskan enam orang dan 12 lainnya hilang.


"Kami memobilisasi semua pasukan untuk mencari yang hilang," kata seorang pejabat bencana di provinsi tersebut kepada kantor berita AFP melalui telepon.


Seorang penduduk yang ketakutan menggambarkan banjir parah di bagian lain provinsi tersebut. Keadaan darurat diumumkan. "Banjir bandang sangat mengerikan, air mengalir turun dari bukit, seperti setinggi tiga meter," kata Phan Ba Dien kepada situs berita VNExpress yang dikontrol negara.


Evakuasi diperintahkan untuk 200 ribu orang di provinsi Ninh Binh di utara. Sebuah siklon tropis melanda Vietnam tengah pada Selasa dan menyebabkan hujan lebat.


Hujan lebat diperkirakan akan terjadi di beberapa bagian wilayah utara dan tengah saat sebuah ledakan bergerak dari Cina selatan ke Vietnam.


Menteri Pertanian Nguyen Xuan Cuong mengatakan pada sebuah pertemuan darurat pemerintah, ini adalah pertama kalinya dalam satu dekade wilayah utara dan tengah mengalami hujan deras dalam waktu singkat.


(ayb/int)


Berita Terkait
Jelang Akhir Tahun, Pegawai PT KAI Dilarang Cuti
BNPB: Dua Orang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Jawa
BMKG: Gempa Jabar Karena Tumbukan Lempeng Indo Australia-Eurasia
BMKG: Jabodetabek diperkirakan hujan siang hari ini
Jokowi Masih Rahasiakan Lokasi Bandara Sukabumi

Please login for commentKomentar
Nonaka
Miris mendengar negara vietnam terkena musibah, semoga mereka semua di beri ketabahan dan di beri bantuan oleh pemerintah agar mereka bisa hidup dengan layak lagi
princess
banjir bandang apa yah , sampai parah gini , kasihan bgt pada kehilangan tempat tinggal ya
mama
Aduh sampai segitu parah bencana banjir yang terjadi , kita jaga bumi supaya tidak terjadi bencana seperti ini
Achmad
Ternyata banjir sama parahnya seperti di Indonesia ya, perlu adanya penanggulangan dalam hal ini
Renny
sekarang giliran vietnam yang terkena musibah sampai ada yang hilang. mudah tidak ada tambahan korban lagi. yang hilang cepet ditemukan. -r-
emma
Vietnam mengalami darurat bencana, mudah2an akan banyak bantuan dr negara lain..sehingga para korban bencana longsor yg selamat dpt agr mendptkan bantuan

Event

Kicks Con30 November 2017 - 03 Desember 2017
Year End Sale27 November 2017 - 03 Desember 2017
Global Career and Education Fair25 November 2017 - 25 November 2017
Pelatihan Automasi Mesin Industri25 November 2017 - 25 November 2017
+ index