Jumiatun alias Umi Delima, Istri Santoso Dihukum 27 Bulan Penjara

Kamis, 15 Juni 2017 14:04


(ist)

CSR.id - Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan hukuman kepada istri Santoso, Jumiatun alias Umi Delima, selama 27 bulan penjara. Terdakwa dianggap bersalah menyembunyikan suaminya sebagai DPO teroris kelas kakap di Indonesia.


"Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 2 tahun dan 3 bulan penjara," ujar ketua majelis hakim Abdul Rosyad yang dikutip dari website MA, Kamis (15/6/2017).


Jumiatun dinyatakan bersalah karena terlibat tindak pidana teroris. Terlebih Santoso alias Abu Warda merupakan pimpinan kelompok teroris di Poso, Sulawesi Tengah, dan masuk daftar pencarian orang di Amerika Serikat.


"Menyatakan Terdakwa Jumiatun terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana membantu menyembunyikan pelaku terorisme," ujar hakim anggota Windarto dan Slamet Suripto.


Selain menjatuhkan hukuman penjara, majelis hakim menetapkan sejumlah barang bukti milik Jumiatun untuk dimusnahkan. Mulai bom pipa paralon, senjata organik, hingga pakaian yang digunakan terdakwa saat ditangkap petugas.


"Menetapkan barang bukti berupa 26 bom yang terdiri atas 24 jenis pipa paralon dan 2 buah bom dililit lakban cokelat, senpi organik pendek jenis Colt no 888713, sepucuk senjata api laras panjang M-16, celana panjang motif loreng, baju loreng panjang, celana panjang hitam, jilbab panjang hitam, 2 cadar cokelat, rompi motif loreng, parang, jam tangan merk QnQ, Masako, bungkus garam, korek api, handset, sikat gigi, bolpoin, dua pasang kaus kaki, benang hitam, jarum tangan, sepatu sebelah kanan, serta celana dalam warna pink, krem, dan ungu dirampas untuk dimusnahkan," pungkasnya. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Isu Garam Campur Serbuk Kaca Dipastikan Hoax
Pria Diduga Pelaku Teror Barcelona Berhasil Ditangkap Polisi 
Pemkot Tangerang Luncurkan Program Kesehatan Cageur Jasa
Tahun ini, Pertamina Targetkan 500 SPBU Pasti Prima
Presiden Amerika Serikat Kutuk Serangan Teror di Barcelona

Please login for commentKomentar
Linda
umi kalau bisa jangan ikut-ikutan jadi terorislah mending jadi ibu rumah tangga biasa aja.
mama
Jumiatun kena juga hukumannya , makanya kalau bisa di nasihati suami nya , masak mau sih ikutan tindakan yang salah
ata
ibu gak panas bu pake hitam2 apalagi cuaca di luar sana lagi panas banget saya yg liatnya aja gerah bu
princess
udah tau suaminya salah kok masih berani ngumpetin, jadi istri juga harus cerdas lah ya
xx
teroris begini hanya di hukum 27 bulan penjara? yang benar aja hukum indonesia ini
emma
kasihan anak-anaknya, mungkin bisa ada banding jadi tidak terlalu lama masa penjaranya
runi
bagaimanapun yang dia sembunyikan adalah berstatus suaminya, dan tidak melihat status terorisnya, bisa jadi juga istrinya diancam kalau tidak mau membantunya bersembunyi maka akan di cerai atau malah di bunuh? harusnya hakim juga melihat ini sebagai bahan pertimbangan juga
Renny
kalo udah kaya begitu, dipenjara. sekarang kalo dia puny anak, anaknya sama siapa. mereka ga mikir kali iya -r-

Event

Anime Festival Asia (C3 AFA)18 Agustus 2017 - 20 Agustus 2017
Lomba Foto Instagram16 Agustus 2017 - 31 Agustus 2017
Young On Top National Conference 201712 Agustus 2017 - 12 Agustus 2017
+ index