Jumiatun alias Umi Delima, Istri Santoso Dihukum 27 Bulan Penjara

Kamis, 15 Juni 2017 14:04


(ist)

CSR.id - Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan hukuman kepada istri Santoso, Jumiatun alias Umi Delima, selama 27 bulan penjara. Terdakwa dianggap bersalah menyembunyikan suaminya sebagai DPO teroris kelas kakap di Indonesia.


"Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 2 tahun dan 3 bulan penjara," ujar ketua majelis hakim Abdul Rosyad yang dikutip dari website MA, Kamis (15/6/2017).


Jumiatun dinyatakan bersalah karena terlibat tindak pidana teroris. Terlebih Santoso alias Abu Warda merupakan pimpinan kelompok teroris di Poso, Sulawesi Tengah, dan masuk daftar pencarian orang di Amerika Serikat.


"Menyatakan Terdakwa Jumiatun terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana membantu menyembunyikan pelaku terorisme," ujar hakim anggota Windarto dan Slamet Suripto.


Selain menjatuhkan hukuman penjara, majelis hakim menetapkan sejumlah barang bukti milik Jumiatun untuk dimusnahkan. Mulai bom pipa paralon, senjata organik, hingga pakaian yang digunakan terdakwa saat ditangkap petugas.


"Menetapkan barang bukti berupa 26 bom yang terdiri atas 24 jenis pipa paralon dan 2 buah bom dililit lakban cokelat, senpi organik pendek jenis Colt no 888713, sepucuk senjata api laras panjang M-16, celana panjang motif loreng, baju loreng panjang, celana panjang hitam, jilbab panjang hitam, 2 cadar cokelat, rompi motif loreng, parang, jam tangan merk QnQ, Masako, bungkus garam, korek api, handset, sikat gigi, bolpoin, dua pasang kaus kaki, benang hitam, jarum tangan, sepatu sebelah kanan, serta celana dalam warna pink, krem, dan ungu dirampas untuk dimusnahkan," pungkasnya. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Puncak Arus Balik Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Diprediksi Mulai 30 Juni
Wakapolda: Penembak Italia Akan Segera Tertangkap
Ribuan Mobil Terjebak Macet Parah di Puncak
Arus Balik Lebaran dengan Pesawat Dimulai Hari Ini  
Halmahera Barat Diguncang Gempa 5,1 Skala Richter

Please login for commentKomentar
emma
kasihan anak-anaknya, mungkin bisa ada banding jadi tidak terlalu lama masa penjaranya
runi
bagaimanapun yang dia sembunyikan adalah berstatus suaminya, dan tidak melihat status terorisnya, bisa jadi juga istrinya diancam kalau tidak mau membantunya bersembunyi maka akan di cerai atau malah di bunuh? harusnya hakim juga melihat ini sebagai bahan pertimbangan juga
Renny
kalo udah kaya begitu, dipenjara. sekarang kalo dia puny anak, anaknya sama siapa. mereka ga mikir kali iya -r-

Event

Indonesia CSR Exhibition (ICE) 201718 Agustus 2017 - 20 Agustus 2017
MAGnight Shopping 201717 Juni 2017 - 17 Juni 2017
Pesona Pedas Nusantara 201716 Juni 2017 - 16 Juni 2017
+ index