Israel Blokir 11 Situs Berita Palestina di Tepi Barat

jumat, 16 Juni 2017 11:14


(ist)

CSR.id - Sebanyak 11 situs berita Palestina telah diblokir di wilayah pendudukan Israel di Tepi Barat, atas perintah jaksa penuntut umum Otoritas Palestina, pada Kamis (15/6). Situs-situs yang menjadi target pemblokiran itu seluruhnya berbasis di luar Tepi Barat.


"Kami diberitahu pagi ini mengenai sebuah keputusan jaksa penuntut umum Palestina, yang berafiliasi dengan Otoritas Palestina yang didominasi Fatah di Ramallah, yang telah memblokir 11 situs berita Palestina," ujar seorang karyawan di sebuah penyedia layanan internet (ISP) di Ramallah, yang berbicara secara anonim.


Situs-situs yang diblokir itu termasuk 'Pusat Informasi Palestina' dan 'Kantor Berita Shehab' yang berafiliasi dengan Hamas, dan 'Voice of Fatah'. Voice of Fattah dikenal dekat dengan Mohammed Dahlan, seorang anggota parlemen Palestina yang kontroversial dan diusir dari Fatah pada 2011.


Dahlan yang saat ini berada di Uni Emirat Arab (UEA), diusir dari gerakan Fatah oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas di tengah tuduhan korupsi. Hamas juga menyalahkan Dahlan setelah banyaknya kekacauan politik yang melanda Jalur Gaza setelah penarikan tentara Israel pada 2005.


Pada Kamis (15/6), Iyad al-Qarra, editor 'Palestine', sebuah surat kabar yang dekat dengan Hamas, mengkonfirmasi bahwa situs surat kabar tersebut juga telah diblokir di Tepi Barat. "Sebagai bagian dari kebijakan terus-menerus untuk menekan kebebasan media Palestina, situs surat kabar tersebut baru-baru ini telah diblokir," kata al-Qarra melalui akun Facebook pribadinya.


"Sayang sekali ISP lokal menanggapi perintah penuntut umum dengan segera memblokir situs yang ditargetkan. Rekan-rekan kami yang memiliki keahlian teknis saat ini mencoba untuk membatalkan langkah tersebut, karena surat kabar kami, melalui situsnya, memiliki puluhan ribu pembaca di Tepi Barat," tambah al-Qarra.


Seperti dilansir dari Aljazirah, jaksa penuntut umum Otoritas Palestina, Ahmed Barak, menolak berkomentar mengenai masalah ini.


(ayb/int)


Berita Terkait
Jelang Akhir Tahun, Pegawai PT KAI Dilarang Cuti
BNPB: Dua Orang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Jawa
BMKG: Gempa Jabar Karena Tumbukan Lempeng Indo Australia-Eurasia
BMKG: Jabodetabek diperkirakan hujan siang hari ini
Jokowi Masih Rahasiakan Lokasi Bandara Sukabumi

Please login for commentKomentar
Linda
israel selalu saja berusaha membuat palestina terkucilkan, namun terkadang segala usahanya tidak berhasil.
mama
Kasihan Palestina , berita yang seharusnya didengar dunia diblokir Israel . perang yang tidak seimbang.
ata
emang yg selalu bikin gara2 itu ya si israel ini, dunia juga tahu kok apa kesalahan negara ini sebenarnya
princess
saking ga maunya berita palestina sampe sebegitunya deh
xx
apa lah faedahnya menutup situs situs itu, gak mau terlihat boroknya kali itu
ferry
pemerintah israel ingin menghindarkan provokasi dari media palestina sehinggia memblokir situs-situs palestina
emma
itu sudah jadi hak dan kebijakan yang diambil Israel, kalau memang dikhawatirkan akan membahayakan ya diblokir aja
Renny
kalo berita yang ga bagus2 mendingan ditutup aja dari pada meresahkan penduduk disana -r-
runi
mungkin situs2 beritanya sangat provokatif, secara kita tau hamas itu sangat provokatif dan selalu memicu perang, kalau memang baiknya di tutup ya ditutup saja

Event

Kicks Con30 November 2017 - 03 Desember 2017
Year End Sale27 November 2017 - 03 Desember 2017
Global Career and Education Fair25 November 2017 - 25 November 2017
Pelatihan Automasi Mesin Industri25 November 2017 - 25 November 2017
+ index