Bea Cukai Musnahkan 1.311 Pohon Kurma Selundupan

jumat, 16 Juni 2017 8:45


(ist)

CSR.id - Bea Cukai Aceh memusnahkan 1.311 pohon kurma selundupan di dermaga Bea Cukai Belawan Sumatera Utara, Kamis (15/6/2017) sore. Pohon kurma yang dimusnahkan ini, merupakan hasil sitaan dari satu kapal yang sebelumnya ditangkap di Perairan Aceh, setelah bertolak dari Thailand, sebulan lalu.


Pemusnahan 1.311 pohon kurma tersebut, dilakukan dengan cara memotong batang pohon kurma, hingga menjadi beberapa bagian, menggunakan mesin pemotong. Petugas Bea Cukai, terlebih dahulu juga membuang buah kurma, agar tidak ada satupun barang selundupan yang disalahgunakan.


Kepala Kantor Bea Cukai Aceh Rusman Hadi mengatakan, 1.311 pohon kurma ini sebelumnya disita dari kapal kayu berbendera Indonesia yang ditangkap pada awal Mei di perbatasan Perairan Aceh dan Sumatera Utara. Pohon kurma ini dibawa dari Thailand dan rencananya akan diselundupkan ke Aceh, untuk kemudian ditanam di lahan perkebunan di daerah tersebut.


“Pemusnahan sengaja dilakukan untuk memutus mata rantai penyelundupan, karena seluruh barang selundupan gagal tiba di daerah tujuan. Untuk menekan tingginya angka penyelundupan, Bea Cukai akan terus melakukan patroli, termasuk turut ikut serta dalam patroli gabungan yang dilakukan Bea Cukai se-pulau Sumatera di jalur-jalur perbatasan antara Indonesia dan sejumlah negara tetangga,” kata Rusman.


Rusman Hadi juga mengatakan, dalam kasus ini Bea Cukai telah menetapkan satu tersangka, yaitu nahkoda kapal. Tersangka, diperkirakan akan menjalani sidang dalam waktu dekat, setelah berkas perkara yang dilimpahkan ke pihak kejaksaan yang telah dinyatakan lengkap. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Gara-Gara Tronton Mogok KAI Sehari Rugi Rp808 Juta
BMKG Temukan Sembilan Titik Panas di Jambi
Kurdi Tegaskan tak Ingin Berperang dengan Pasukan Irak
Presiden Jokowi: Tunjangan Veteran Naik 25 Persen Tahun Depan
Dor! Pria Bersenjata Tembak Mati Tiga Warga di AS

Please login for commentKomentar
Linda
harusnya pohon itu tidak diselundupkan jadikan tidak dimusnahkan.
mama
Pohon aja diselundupkan , Kurma kan dari Arab dan buah kesukaan nabi , seharunya pakai cara yang halal dong jangan diselundupkan begitu
ata
kalau saya bilang sayang pak di ancurin kenapa gak buat reboisasi aja yg punya lahan gundul
princess
kenapa di musnahkan , kenapa ga di tanam aja yah smuanya
xx
pohon kurma gini ngapain di musnahkan, lebih baik diberikan kepada pemerintah untuk di tanam dimana gitu
ferry
seharunya jangan dimusnahkan tapi dibagikan saha kepada yang membutuhkan
emma
pohon kurma diselundupkan ke Indonesia, memang cocok ya dengan kondisi tanah disini,,soalnya belum pernah lihat sih ada yang menanamnya
Renny
ada aja orang melakukan segala cara untuk menjual pohon kurma ilegal dan pastinya dii r-jual murah lagi -r-
runi
sayang banget sih pohon kurmanya harus dimusnahkan, tapi kalau gak begitu nantinya penyelundupan akan terus berjalan dan akan sulit diputus mata rantainya

Event

Men’s Expo 201720 Oktober 2017 - 22 Oktober 2017
Pasaraya Carnival14 Oktober 2017 - 12 November 2017
Indonesia Diecast Expo 201728 Oktober 2017 - 29 Oktober 2017
+ index