Bea Cukai Musnahkan 1.311 Pohon Kurma Selundupan

jumat, 16 Juni 2017 8:45


(ist)

CSR.id - Bea Cukai Aceh memusnahkan 1.311 pohon kurma selundupan di dermaga Bea Cukai Belawan Sumatera Utara, Kamis (15/6/2017) sore. Pohon kurma yang dimusnahkan ini, merupakan hasil sitaan dari satu kapal yang sebelumnya ditangkap di Perairan Aceh, setelah bertolak dari Thailand, sebulan lalu.


Pemusnahan 1.311 pohon kurma tersebut, dilakukan dengan cara memotong batang pohon kurma, hingga menjadi beberapa bagian, menggunakan mesin pemotong. Petugas Bea Cukai, terlebih dahulu juga membuang buah kurma, agar tidak ada satupun barang selundupan yang disalahgunakan.


Kepala Kantor Bea Cukai Aceh Rusman Hadi mengatakan, 1.311 pohon kurma ini sebelumnya disita dari kapal kayu berbendera Indonesia yang ditangkap pada awal Mei di perbatasan Perairan Aceh dan Sumatera Utara. Pohon kurma ini dibawa dari Thailand dan rencananya akan diselundupkan ke Aceh, untuk kemudian ditanam di lahan perkebunan di daerah tersebut.


“Pemusnahan sengaja dilakukan untuk memutus mata rantai penyelundupan, karena seluruh barang selundupan gagal tiba di daerah tujuan. Untuk menekan tingginya angka penyelundupan, Bea Cukai akan terus melakukan patroli, termasuk turut ikut serta dalam patroli gabungan yang dilakukan Bea Cukai se-pulau Sumatera di jalur-jalur perbatasan antara Indonesia dan sejumlah negara tetangga,” kata Rusman.


Rusman Hadi juga mengatakan, dalam kasus ini Bea Cukai telah menetapkan satu tersangka, yaitu nahkoda kapal. Tersangka, diperkirakan akan menjalani sidang dalam waktu dekat, setelah berkas perkara yang dilimpahkan ke pihak kejaksaan yang telah dinyatakan lengkap. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Puncak Arus Balik Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Diprediksi Mulai 30 Juni
Wakapolda: Penembak Italia Akan Segera Tertangkap
Ribuan Mobil Terjebak Macet Parah di Puncak
Arus Balik Lebaran dengan Pesawat Dimulai Hari Ini  
Halmahera Barat Diguncang Gempa 5,1 Skala Richter

Please login for commentKomentar
ferry
seharunya jangan dimusnahkan tapi dibagikan saha kepada yang membutuhkan
emma
pohon kurma diselundupkan ke Indonesia, memang cocok ya dengan kondisi tanah disini,,soalnya belum pernah lihat sih ada yang menanamnya
Renny
ada aja orang melakukan segala cara untuk menjual pohon kurma ilegal dan pastinya dii r-jual murah lagi -r-
runi
sayang banget sih pohon kurmanya harus dimusnahkan, tapi kalau gak begitu nantinya penyelundupan akan terus berjalan dan akan sulit diputus mata rantainya

Event

Indonesia CSR Exhibition (ICE) 201718 Agustus 2017 - 20 Agustus 2017
MAGnight Shopping 201717 Juni 2017 - 17 Juni 2017
Pesona Pedas Nusantara 201716 Juni 2017 - 16 Juni 2017
+ index