KM Mutiara Sentosa Terbakar, Kemenhub Bakal Tingkatkan Keselamatan Pelayaran

Sabtu, 20 Mei 2017 11:19


(ist)

CSR.id - Sejumlah korban terbakarnya Kapal Motor Mutiara Sentosa I telah berhasil diselamatkan. Direktur Jenderal Perhubungan Laut A Tonny Budiono prihatin atas masih terjadinya peristiwa kapal terbakar.


Tonny akan meningkatkan keselamatan pelayaran. Salah satunya dengan melakukan uji petik kelayakan kapal secara berkala menjelang lebaran 2017 mendatang.


"Berbagai upaya dalam peningkatan keselamatan pelayaran telah dilakukan seperti melakukan uji petik kelayakan kapal oleh tim marine inspector Ditjen Hubla yang dilakukan secara berkala terutama menjelang angkutan laut Lebaran yang telah dimulai dari tanggal 17 April s.d. 30 Juni 2017," kata Tonny, Sabtu (20/5/2017).


Tonny berharap, pihak penyelenggara transportasi laut, baik pihak regulator maupun pengguna jasa agar benar-benar melaksanakan faktor keselamatan. Kejadian terbakarnya KM Mutiara Sentosa I ini merupakan pencerminan bahwa pelaksanaan aturan keselamatan pelayaran belum sepenuhnya dilaksanakan.


"Kejadian terbakarnya kapal KM Mutiara Sentosa I tersebut menandakan belum sepenuhnya pelaksanaan aturan keselamatan pelayaran dijalankan dengan sungguh-sungguh. Kami selaku regulator telah mengeluarkan aturan-aturan keselamatan dan semestinya menjadi tanggung jawab bersama di dalam pelaksanaan dan penegakan aturan tersebut oleh operator maupun masyarakat pengguna jasa," tutur Tonny.


Meskipun demikian, saat ini penumpang KM Mutiara Sentosa I dengan rute rute pelayaran Surabaya-Balikpapan yang terbakar pada Jumat (19/5) pukul 16.00 WIB di perairan Masalembu, Jawa Timur telah berhasil dievakuasi dengan selamat. Dalam proses evakuasi, dikerahkan Kapal Patroli PLP, UPP Masalembo, kapal Basarnas dari Surabaya dan Lantamal V. Selain itu, MV Meratus Makassar yang berada sekitar 8 mil dari lokasi kejadian juga membantu evakuasi penumpang.


"Selain kapal-kapal tersebut, kapal KMP Dharma Kartika 9, kapal Tug Boat Asmarina 9 dan kapal Tongkang Asmarina 12 juga 8 kapal nelayan juga turut membantu evakuasi para penumpang KM Mutiara Sentosa I," ucapnya.


Tonny mengatakan, pagi ini Syahbandar Tanjung Perak Surabaya kembali berkoordinir dengan pihak terkait untuk melanjutkan proses evakuasi para penumpang kapal KM Mutiara Sentosa I. Selain itu, Kepala SAR Nasional wilayah Jawa Timur akan ke lokasi untuk memastikan jumlah korban yang selamat.


"Terkait dengan penyebab terbakarnya KM Mutiara Sentosa I, tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah berangkat menuju lokasi kejadian untuk melakukan investigasi awal penyebab terbakarnya KM Mutiara Sentosa I di perairan Masalembu, Jawa Timur," ujarnya.


Sedangkan Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, menyebut ada 3 korban meninggal akibat peristiwa tersebut. Namun Sutopo belum mengantongi identitas dari korban meninggal. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Isu Garam Campur Serbuk Kaca Dipastikan Hoax
Pria Diduga Pelaku Teror Barcelona Berhasil Ditangkap Polisi 
Pemkot Tangerang Luncurkan Program Kesehatan Cageur Jasa
Tahun ini, Pertamina Targetkan 500 SPBU Pasti Prima
Presiden Amerika Serikat Kutuk Serangan Teror di Barcelona

Please login for commentKomentar
runi
kenapa sih untuk evaluasi keselamatan pelayaran harus tunggu ada yang celaka dulu sih, gak bisa gitu ya di evaluasi sebelum ada kecelakaan
Jaebum
Ntah faktor apa nih kapal nya bisa habis hangus terbakar parah begini
ata
harusnya evaluasi peningkatan keselamatan maupun pelayanan dalam pelayaran dilakukan rutin, misal 6bulan sekali atau setahun sekali, bukannya nunggu ada celaka dulu baru diperbaiki, miris banget deh
xx
yang penting selamatain dulu dech evakuasi segera untuk korban korban nya
princess
sudah beberapa kali nih pelayaran terbakar gini , dan korbannya juga ga sedikit loh
iva
Apa tidak di cek tu mesin sebelum lepas ke laut bisa kejadian kayak gitu?
Achmad
Sudah beberapa kali terjadi seperti ini, seharusnya kemenhub lebih memperhatikan ini dengan baik
mama
Kenapa baru mau meningkatkan pas sudah ada kejadian begini sih? kan telat banget , coba semuanya diperbaiki dari sekarang , jangan tunda sampai ada kecelakaan dulu
rasarasa
Harus karena di bidang pelayaran sangat berbahaya dan banyak resikonya jadi harus ditingkatkan keamanannya
Renny
dengan cara bagaimana, harus sering dirawat sih perahunya, sebulan sekali rutin diperiksa apa lagi kalo mau beroperasi lebih teliti lagi untuk periksaannya -r-
12

Event

Anime Festival Asia (C3 AFA)18 Agustus 2017 - 20 Agustus 2017
Lomba Foto Instagram16 Agustus 2017 - 31 Agustus 2017
Young On Top National Conference 201712 Agustus 2017 - 12 Agustus 2017
+ index